TerasBerita.ID-Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sunarso menyebutkan, ada tiga hal yang harus dimiliki pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar berdaya saing global dan bisa memperluas pasar ke lingkungan internasional.
Ketiga hal ini digunakan BBRI sebagai dasar dalam melakukan edukasi kepada UMKM agar bisa naik kelas dan mengembangkan skala bisnisnya. Sunarso menyebutkan tiga hal dasar yang harus dimiliki UMKM agar bisa naik kelas adalah jiwa dan semangat berwirausaha (enterpreneurship), kemampuan mengelola bisnis dengan administrasi dan manajerial yang baik.
Terakhir kemampuan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola usaha (Good Corporate Government). Menurut Sunarso, menjadi UMKM adalah hal mudah yang bisa dilakukan siapapun. Namun, tanpa tiga hal tersebut sebuah UMKM tidak bisa naik kelas dan memperluas pasarnya hingga menembus dunia internasional.
Sebagai bank yang fokus di segmen UMKM, BRI hingga kini aktif melakukan edukasi bagi pelaku UMKM agar memiliki tiga hal tersebut.
“Sering orang katakan, UMKM sebenarnya lebih dibutuhkan diadvokasi atau diedukasi? Dalam hal ini BRI yang sudah berdiri sekian ratus tahun dan portofolio BRI di UMKM sudah 80% lebih, maka kami memilih jalan melakukan edukasi,” kata Sunarso dalam konferensi pers daring, Rabu (1/12/2021).
Edukasi terhadap UMKM rutin dilakukan BRI agar ke depannya, agar semakin banyak pelaku usaha dari Indonesia yang bisa memasarkan produknya ke luar negeri. BRI memandang potensi keuntungan dari banyaknya UMKM yang merambah pasar internasional sangat besar. Karena itu, segmen ini harus didorong agar bisa memberi kontribusi lebih bagi Indonesia dari aspek perdagangan internasional.