Teras Berita
No Result
View All Result
  • News
    • Pemda
    • Pemerintahan
  • BUMN
    • BUMDes
    • BUMD
  • Keuangan
    • Asuransi
    • CSR
  • Ekonomi Bisnis
  • Infrastruktur
  • Teras Kita
  • Teras Muslim
  • Tokoh Publik
  • UMKM
  • Wisata Budaya
  • News
    • Pemda
    • Pemerintahan
  • BUMN
    • BUMDes
    • BUMD
  • Keuangan
    • Asuransi
    • CSR
  • Ekonomi Bisnis
  • Infrastruktur
  • Teras Kita
  • Teras Muslim
  • Tokoh Publik
  • UMKM
  • Wisata Budaya
No Result
View All Result
Teras Berita
No Result
View All Result
Home News

Zona Integritas Inovasi Pelayanan Unit Pengelola PKB Ujung Menteng

Share on WhatsappShare on FacebookShare on Twitter

TERAS BERITA. ID, Jakarta – Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng (UP PKB) merupakan unit kerja dibawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang bergerak dibidang pengujian kendaraan bermotor.

Sebelum tahun 2017, pelaksanaan proses pengujian kendaraan bermotor masih dilakukan secara manual dari pengambilan nomor booking, pembayaran belum cashless sampai dengan bukti lulus uji yang masih menggunakan buku uji, stiker tanda samping dan plat uji. Disamping itu, pandangan/persepsi masyarakat terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor adalah kurang bagus.

Untuk itu, UP PKB Ujung Menteng terus berupaya melakukan perbaikan pelayanan serta membuat inovasi antara lain adalah dengan digitalisasi pelayanan, penguatan pengawasan dan transparansi pelayanan pengujian kendaraan bermotor.

UP PKB Ujung Menteng telah mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tanggal 10 Desember 2019 dari Kemenpan RB dan pada tahun 2020 s.d 2022 sedang berbenah mengikuti seleksi penilaian menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

UP PKB Ujung Menteng telah menerapkan digitalisasi dan transparansi pelayanan pengujian kendaraan bermotor yaitu:

a. Pendaftaran Online melalui aplikasi eKIR.Jakarta-Booking sehingga wajib uji dapat memilih tanggal uji serta mengetahui retribusi uji;

b. Pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor dilakukan secara cashless (ATM atau teller Bank DKI) yang terintegrasi secara online dengan Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Asli Daerah (SIMPAD) sehingga realtime akan masuk ke Kas Daerah Provinsi DKI Jakarta;

c. Sistem pelayanan (pemeriksaan teknis dan laik jalan) terintegrasi dengan sistem antrian dan pengambilan data secara real dari alat uji ke sistem komputerisasi yang dilakukan secara elektronik sampai dengan pencetakan tanda lulus uji (Smartcard) yang terintegrasi dengan sistem pelayanan;

d. Bukti Lulus Uji Elektronik/Smartcard yang databasenya terhubung dengan sistem Kementerian Perhubungan

e. Proses pengecekan hasil uji yang bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi “Cek Kir Jakarta”

f. Data Hasil Pengujian yang bisa diakses melalui aplikasi “SI-DAMON PKB”

UP PKB Ujung Menteng melakukan pengawasan terhadap proses pengujian sebagai berikut :

a. Pemasangan bahan sosialisasi/himbauan seperti spanduk/running text/banner larangan pungli dan speaker pengeras suara telah terpasang di UP PKB Ujung Menteng.

b. Pemasangan CCTV di 38 (tiga puluh delapan) titik lokasi rawan gratifikasi antara lain pada lajur pengujian dan loket penyerahan hasil uji;

c. Kerja sama dengan jajaran Provos Polri dan Garnisun TNI dalam upaya pengawasan dilapangan;

d. Komitmen semua pegawai untuk tidak melakukan perbuatan yang menyimpang dengan menandatangani pakta integritas

e. Sosialisasi kepada masyarakat/wajib uji bahwa yang boleh memasuki area pengujian hanya 1 (satu) orang yaitu pengemudi

Inovasi lainnya yang dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Transparansi pengujian bagian bawah kendaraan

Pengujian bagian bawah kendaraan didukung dengan kamera dan ditampilkan pada layar monitor agar wajib uji dapat melihat langsung bagian bawah kendaraan yang diperiksa tanpa wajib uji turun dari kendaraan.

2. AKAP 30’ (Aplikasi Kepuasan Pelanggan untuk memonitor pelaksanaan 30 menit pasti)

Aplikasi ini dibangun oleh PJLP UP PKB Ujung Menteng dalam rangka monitoring kepastian waktu pelayanan 30 Menit pasti, disamping itu aplikasi ini bertujuan untuk :

a. Menetapkan waktu pelayanan di tiap-tiap pos/loket pelayanan

b. Menerbitkan SOP Pelayanan

c. Menetapkan nilai kinerja dan prestasi kerja PJLP

d. Monitoring dan evaluasi kinerja dan prestasi kerja PJLP

e. Memberikan informasi dengan transparan (waktu pelayanan dan kendala)

3. Resertifikasi ISO 9001:2015

Dilakukan pada bulan Oktober-November 2021 sebagai bentuk komitmen terhadap komitmen mutu di UP PKB Ujung Menteng.

(Farhan Firmansyah)

Tags: Pengelola PKB ujung mentengSIMPADUP PKBZona integritas

Related Posts

News

169 Instansi Pemerintah Lulus Seleksi Administrasi Zona Integritas 2022, Klik Disini

Juli 15, 2022
Next Post

King Lab247 Periksa Kesehatan Gratis Para Jurnalis

Please login to join discussion
Pemda

Sungai Pebayuran Dinormalisasi, Ini Alasan Pemkab Bekasi

Mei 9, 2025

TerasBerita.id - Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) Kabupaten Bekasi tengah melaksanakan kegiatan normalisasi sungai di...

Read more

Dokter Forensik Ungkap Proses Ekshumasi Soleh Darmawan Korban TPPO Kamboja 

Mei 9, 2025

Wamen Koperasi dan UKM RI Dijadwalkan Berkunjung Ke Sambas, Agenda Peluncuran Kopdes Merah Putih

Mei 8, 2025

Launching Kopdes Merah Putih di Sambas, Pemda Sambas Terima Kunjungan dari Dirut LPDB

Mei 8, 2025

Sepak Bola Persikasi: Dari Berdirinya hingga Menjadi Tim yang Diperhitungkan

Mei 8, 2025

seedbacklink

Seedbacklink

Teras Berita

Jalan MT Haryono Kav 10
Jatinegara, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Follow us

No Result
View All Result
  • Homepages
    • Home Page 1
    • Home Page 2
  • News
  • Politics
  • National
  • Business
  • World
  • Entertainment
  • Fashion
  • Food
  • Health
  • Lifestyle
  • Opinion
  • Science
  • Tech
  • Travel

© 2023 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.

Go to mobile version