TerasBerita.id – Pemilihan Kepala Daerah mulai dari Gubernur, Walikota hingga Bupati secara serentak di Indonesia bakal digelar pada 27 November 2024.
Para calon (Paslon) melalui tangan – tangan tim sukses kampanye di berbagai daerah, termasuk Jawa Barat, Bekasi, berlomba – lomba merebut hati masyarakat. Di antaranya dengan menggelar pasar murah, berupa daging ayam dan minyak goreng.
Ada juga tim sukses Paslon kepala daerah mengadakan berbagai perlombaan. Lomba mancing ikan, lomba masak dan senam bersama. Tidak lupa alat masak centong sebagai salah satu dorprize bagi yang juara.
Para tim sukses berjibaku, bergerilya sosialisasi program – program para calon pemimpin jika terpilih dan menjabat sebagai kepala daerah. Ada yang secara aktif mempromosikan lewat media, ada juga dengan cara tatap muka.
Minyak Goreng dan Centong menjadi sebuah ‘saluran’ para timses kepala daerah untuk mesosialisasikan jagoannya. Sembako murah meriah, janji kesejahteraan warga dan lapangan pekerjaan masih menarik untuk jualan kampanye politik.
Lantas, seberapa efektif metode kampanye tersebut warga mengenal calon pemimpinnya, dan apakah calon pemimpin itu jika dipilih dan terpilih menunaikan janjinya?.
(Deros Rosyadi)